Senin, 18 Mei 2015

Keren! Seniman Ini Bisa Ubah Duit Jadi Tengkorak



Liputan6.com, Brooklyn - Kreativitas dan imajinasi dapat membimbing seseorang menghasilkan karya-karya luar biasa yang sangat menakjubkan. Bahkan seorang seniman asal Brooklyn, Scott Campbell dapat mengubah uang kertas menjadi sebuah tengkorak.


Dari segi bisnis, Campbell sebenarnya merupakan seorang seniman yang berprofesi menggambar tato. Tapi dengan kehebatan bakatnya, Campbell mampu mengubah uang senilai US$ 11 ribu atau Rp 144,3 juta, menjadi tengkorak tiga dimensi. (kurs: Rp 13.121/US$). Sejauh ini, Campbell juga telah memproduksi banyak karya seni dari uang. Tapi karya seni berupa tengkorak ini memberikan dorongan besar baginya untuk mengembangkan bakatnya di bidang tersebut.


Seperti apa tengkorak tiga dimensi dari uang yang diciptakan Campbell? Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari accounting-degree.org, inhabitat.com, strictlypaper.com, dan sejumlah sumber lain, Jumat (8/5/2015):

Scott Campbell, seniman tato ternama
Campbell merupakan seniman tato yang lahir di Louisiana, AS pada 1977. Namanya terkenal di dunia sebagai salah satu pembuat tato paling berbakat di dunia.
Profesi sebagai seniman tato dilakoninya setelah dia lulus dari University of Texas. Dia terbang ke San Francisco dan memulai karir tato nya tersebut.
Kini dia memiliki dan mengoperasikan Saved Tatto di Brooklyn, sebuah tempat pembuatan tato paling legendaris dengan klien selebritis ternama. Beberapa tahun kemudian setelah karirnya di bidang tato berkembang, Campbell mulai keluar dari seni kulit tersebut dan beralih ke karya-karya inovatif menggunakan uang kertas.


Tengkorak Uang 'Pice de Resistance'
Seniman tato, Scott Campbell lantas berhasil menciptakan berbagai kreasi unik dan luar biasa yang terbuat dari uang kertas dolar AS. Di antara berbagai karya menakjubkan karya Campbell adalah tengkorak tiga dimensi yang dibuatnya dari uang kertas.
'Pice de Resistance' merupakan tengkorak yang disimpannya di dalam kubus, yang bagian sampingnya juga dengan rapih dilapisi lembaran uang dolar. Bagian dalam kotak penyimpanan itu tampak serasi berwarna hijau seperti tengkorak yang dibentuknya.
Karya seni instalasi itu dibuat dengan potongan uang yang dilipat secara rapi dan detil hingga persis membentuk tengkorak. Ia juga tercatat pernah membuat boneka beruang yang tengah ternyesum dari lembaran uang.

Tengkorak terbuat dari uang ratusan juta
Siapa sangka, tengkorak yang dibuat dari uang kertas tersebut ternyata menguras uang hingga Rp 144,3 juta. Inspirasi menciptakan rangkaian patung tiga dimensi yang dibuat dari mata uang itu berasal saat dirinya harus tinggal dalam penjara selama enam minggu.
Di sana dirinya justru menyelesaikan sejumlah gambar menarik hingga yang dilukisnya di dalam bungkus telur. Campbell memang hanya beberapa kali terlihat di galerinya, tapi karyanya ditampilkan di berbagai tempat di seluruh dunia.
Karyanya juga menjadi koleksi besar di sejumlah museum internasional. Dia dikenal sebagai salah satu seniman dengan gagasan-gagasan paling segar di dunia seni New York. (Sis/Ndw)


Review : dari artikel yang ada di atas dapat kita lihat bahwa setiap orang yang ada di dunia ini memiliki kreativitas masing-masing. Dimana suatu kreativitas jika di kembangkan dapat dijadikan unsur ekonomi untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Saat ini yang kita ketahui adalah sulitnya untuk mencari pekerjaan, oleh karena itu memiliki kreativitas merupakan peluang yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus mencari pekerjaan dari orang lain dan justru dapat menciptakan pekerjaan untuk orang lain. Atau saat ini yang sedang berkembang adalah menjadi seorang Entrepreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar