Sabtu, 20 Oktober 2012

Tugas 4

Faktor - faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di indonesia, terdiri dari :

1.      Modal
Dalam kegiatan bisnis yang dibutuhkan pada tingkat awal yaitu modal.  Contonya Perusahaan mie instan  A memiliki modal yang lebih besar dibandingkan dengan Perusahaan mie instan B, dengan modal tersebut hasil akhirnya pun akan berbeda. Perusahaan A dalam sehari dapat menghasilkan 1000 bungkus mie sedangkan Perusahaan B hanya 500 bungkus mie, sehingga persentase keuntungan Perusahaan A akan lebih besar dibandingkan Perusahaan B.

2.     Sumber Daya Manusia
SDM yang profesional, kreatif, jujur akan memberikan efek positif dan keuntungan terhadap bisnis itu sendiri. Contohnya : Suatu perusahaan, kegiatan bisnisnya akan sukses jika memiliki SDM yang berkualitas sehingga barang yang dihasilkan pun dapat bersaing di pasar ekonomi dalam negeri maupun luar negeri.

3.     Selera Masyarakat
Selera masyarakat terhadap hasil suatu bisnis itu berbeda-beda, sehingga banyak orang yang melakukan inovasi dalam bisnisnya untuk memperoleh keuntungan. Contohnya : Saat ini banyaknya aneka ragam jenis kue karena selera masyarakat yang berbeda-beda.

4.    Tabungan dan Investasi
Tabungan dan Investasi merupakan modal yang besar di waktu yang akan datang. contohnya : emas, rumah, tanah, dll

5.     Pemerintah
Pemerintah termasuk faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia, karena pemerintah ikut turun tangan dalam perekonomian di Indonesia melalui peraturannya. Contohnya : Kebijakan pemerintah dalam memberikan pajak.

6.    Lingkungan
Lokasi dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kegiatan bisnis. Seorang pebisnis harus cermat dalam menentukan bisnis yang tepat di lingkungan tersebut. Contohnya : Disekitar lingkungan kampus banyak yang membuka tempat kost, warung makan, fotocopy, warnet sebagai bisnis mereka karena banyak mahasiswa yang membutuhkan itu.

7.     Tekhnologi
Dari waktu ke waktu perkembangan tekhnologi semakin maju. Saat ini banyak orang yang sudah memanfaatkan teknologi untuk mempermudah bisnis tersebut . Contohnya : Jual beli barang online saat ini sudah menjadi trend dalam dunia bisnis, karena dengan metode online dapat menekan modal yang akan mereka keluarkan.

8.    Musim
Kegiatan bisnis di indonesia terkadang berdasarkan musimnya. Contohnya : Saat pertandingan bola  banyak orang yang ingin mengenakan pakian bola untuk mendukung teamnya sehingga banyak pedagang yang menjual pakaian bola dengan beraneka ragam modelnya dan bisnis musiman ini dapat memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

9.    Kondisi Negara Indonesia
Stabilitas kondisi politik dan ekonomi  negara indonesia akan mempengaruhi kegiatan bisnis di indonesia itu sendiri. Contohnya : Keadaan indonesia yang aman akan mengundang wisatawan manca negara untuk datang ke Indonesia dan membeli produk ciptaan anak negeri yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

10. Kualitas dan Harga Barang
Banyak orang saat ini memilih barang dengan harga murah tetapi kualitas yang terbaik. Contohnya : Produk tas hasil pebisnis rumahan lebih diminati oleh masyarakat dari pada hasil pabrik karena harganya yang jauh lebih murah dan kualitasnya pun sebanding dengan tas yang dihasilkan oleh pabrik tersebut.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar