Bisnis internasional
itu terdiri dari Perdagangan Internasional dan Pemasaran Internasional. Perbedaan dari keduanya yaitu :
- Perdagangan
Internasional
adalah suatu hubungan kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh negara yang satu
dengan negara lain yang berkaitan dengan barang dan jasa sehingga mampu membawa
suatu kemakmuran bagi suatu negara. Perdagangan
Internasional juga dikenal dengan sebutan perdagangan dunia. Perdagangan
Internasional terbagi menjadi dua bagian yaitu impor dan ekspor, yang biasanya
disebut sebagai perdagangan ekspor impor. Perdagangan internasional berada dalam lingkup komoditi pertukaran
barang, dengan adanya perbedaan alam di tiap Negara. Namun, dengan adanya perbedaan di tiap – tiap Negara atau daerah, oleh
sebab itu ada beberapa karakteristik utama dalam perdagangan Internasional,
antara lain :
1. Perdagangan internasional dalam barang dan jumlah jumlah transaksi lebih umumnya, transportasi jarak jauh, untuk memenuhi waktu yang lama, sehingga kedua belah pihak menganggap risiko yang lebih besar dari perdagangan domestik.
2. Rentan terhadap perdagangan internasional dalam barang perdagangan kedua negara dalam politik dan ekonomi perubahan dalam situasi internasional, hubungan bilateral memiliki dampak dalam perubahan kondisi.
3. Barang dalam perdagangan internasional, perdagangan di samping kedua belah pihak, yang harus berhubungan dengan transportasi, asuransi, perbankan, komoditi inspeksi, adat dan lainnya departemen bekerja sama dengan proses perdagangan dalam negeri akan semakin kompleks.
- Sedangkan Pemasaran Internasional adalah kegiatan pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara.
Setiap negara
melakukan bisnis internasional dengan negara lain karena didorong adanya kebutuhan
yang harus di penuhi. Alasan suatu negara melakukan bisnis internasional yaitu untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri karena setiap negara memiliki kebutuhan masing-masing yang setiap kebutuhan itu
sendiri belum tentu ada di dalam negaranya sendiri, keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara dengan cara memberikan pajak kepada importir, adanya
perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah
sumber daya ekonomi,
adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu
pasar baru untuk menjual produk tersebut, keinginan membuka kerja sama,
hubungan politik dan dukungan dari negara lain, adanya kesamaan
selera terhadap suatu barang, adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam,
iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya
perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi Keinginan membuka
kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain, terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat
hidup sendiri.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi bisnis internasional, yaitu :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2012/02/perdagangan-international-definisi-ciri.html
- Kompetitif : Jenis dan jumlah pesaing, lokasi dan kegiatan mereka
- Distributif : Agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa
- Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis
- Sosioekonomi : Karakteristik dan distribusi populasi manusia
- Keuangan : Variable seperti sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan
- Legal : Jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional
- Fisik : Unsur alam seperti topografi, iklim dan sumber alam
- Politik : Elemen politik bangsa seperti nasionalisme, bentuk pemerintahan, dan organisasi Internasional
- Sosiokultural : Sikap, kepercayaan, pendidikan, dll
- Buruh/Tenaga Kerja : Komposisi, keahlian
- Teknologi : Keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber-sumber diubah menjadi produk
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2012/02/perdagangan-international-definisi-ciri.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar